Thursday, January 23, 2014

Siklus Cinta

*Tes… tes… 1,2,3……*
Perkenalkan nama gue Herlambang Adhytia, biasanya sih dipanggil Mbang, seorang Mahasiswa yang akan menceritakan Siklus di dalam hal Percintaan dan akan ada beberapa tips-tips dari pengalaman gue sendiri. Tulisan ini real dari kisah gue sendiri, sangat bisa dipertanggung jawabkan ke-asliannya seperti Film Titanic (?). Sama seperti hal lainnya, Cinta sudah pasti ada siklusnya. Dimulai dari pandangan pertama, perkenalan, pendekatan, pacaran, putus, bunuh diri balikan. Cinta itu sebenarnya simple, cuman yang bikin ribet ya kita yang ngejalaninnya sendiri.

Yang namanya Mahasiswa (Laki-Laki), kalau sudah ngumpul-ngumpul rame gitu bahasannya ga jauh dari yang namanya “CEWEK”. Gak cuman cewek aja yang bisa gossip tentang shopping atau masalah percintaan mereka, cowok pun sama. Bahkan menurut gue, kalau lagi ngumpul bareng temen-temen terus lagi curhat masalah percintaan, dalam hitungan detik aja pemikiran kami semua bisa menjadi dewasa. Dewasa dalam artian memikirkan segala aspek, bukan dewasa yang mikirnya paha dada.


Umur gue udah hampir 20. Beberapa hal dalam percintaan juga udah gue rasain. Dari yang seneng, rumit, sampai yang sedih pun udah gue rasain. Udah, daripada ntar pada demo di bundaran HI karena gue terlalu basa-basi, tapi kan Jakarta lagi banjir dimana-mana sekarang (?)  langsung simak aja Siklus Cinta yang pernah gue rasain. Happy reading guys!

1.      PANDANGAN PERTAMA
Pandangan Pertama, yang pertama ini mungkin agak sedikit ber-genre FTV gitu. Kenapa? Alasannya sudah pasti jelas, gara-gara ngeliat cowok atau cewek mungkin lagi lewat di depan kita, atau mungkin ga sengaja lagi ngantri bareng di kasir Indomaret, bahkan yang lebih parah, tabrakan di kampus dan buku yang kita sama doi bawa sama-sama jatuh, lalu tangan pun bertemu. Ya, yang terakhir itu emang parah, bisa lebay parah atau romantis parah.

Dalam tahap pertama ini, seseorang bisa menjadi Stalker yang sangat-sangat mengerikan. Kalau sudah terjebak di tahap pertama ini, seseorang akan berusaha menjadi mata-mata. Bener gak? Gue yakin pasti jawabannya pasti BENER. Ketika berada dalam tahap ini, ada enaknya ada juga gak enaknya. Enaknya ya kita bisa senyum-senyum sendiri ketika ngebayangin waktu pertama kali ketemu gitu. Gak enaknya, ketika kita memiliki sifat “pemalu” maka siap-siap akan menjadi pengagum rahasia yang lama.

Kalau gue boleh curhat sedikit, gue kemaren-kemaren juga baru menginjakkan kaki gue di tahap ini. Suka diam-diam sama seseorang bidadari di Kelas gue sendiri. Ceritanya panjang, awalnya dia gak satu kelas sama gue selama 2 semester, tapi semester 3 ini dia dipindahkan jadi satu kelas sama gue. Gue juga sempet jadi seorang Stalker, tapi ga parah-parah amat, karena gue udah siapkan Tips & Trik di tahap ini. Mau tau? Ini nih gue kasih deh ya:

Apa yang harus dilakuin nih Mbang, kalau misalnya dia tau kalau kita suka dia?
Justru bagus. Kita bisa tahu reaksi dia. Gue banyak denger dan baca dari beberapa media kertas/elektronik kalau cewek ideal itu “Bisa menerima kita apa adanya”. Liat reaksinya, kalau umpan kecil kita dimakan, kasih umpan lebih besar.

Terus, kalau misalnya gak ada reaksi dari dia gue harus gimana dong?
Back to your purpose, men *asik*. Balik lagi ke tujuan awal lu, kalau lu sukanya cuman untuk mengisi otak lu dan numpang lewat doang, ya santai aja. Beda halnya kalau tujuan awal lu setelah liat doi adalah pengen dapetin doi. Kalau gak ada reaksi, deketin, tempel dan kasih sedikit gerakan cinta lu *sejeniskodegitu*. Kalau ga berhasil ya nyerah aja, HAHA!

Doi tau nih kalau gue suka sama dia,dan anehnya dia tau nama gue Mbang, gue harus ngapain!!
NAH! Kalau sudah begini, sikat terus bro! Apalagi dia tau nama lu dan ternyata dia juga suka sama lu saat pertama bertemu. Rasain deh, nikmat banget rasanya kalau udah begini.
Semua yang gue bilang diatas berdasarkan pengalaman gue, mau ditiru silahkan mau gak ya juga gapapa. Selamat mencoba!

2.      PERKENALAN
Perkenalan, tak kemal kenal maka tak sayang. Kalimat lama yang mengandung banyak makna. Semua manusia dilahirkan untuk dapat bersosialisasi satu sama lain, karena itulah dikatakan kalau Manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain *tepuktanganduludong*. Tapi, apa bisa orang bersosialisasi tanpa kenalan? NO. Begitu juga dalam percintaan. Perkenalan yang lu lakuin ke doi bisa jadi kenangan yang lucu, indah bahkan absurd untuk dibahas ketika udah jadian.

Tapi gak tau kenapa, cara Perkenalan masyarakat Indonesia kepada sang pujaan hati terkadang norak bahkan lebay. Lagi jalan naik motor bareng temen, stop di lampu merah dan sampingan sama 2 cewek terus menjadi SKSD itu parah. Menurut gue, cara itu ga lazim. Dan yang lebih parah, si 2 cewek tadi langsung memberikan alamat rumah atau no.hp nya, GELI!

Bukannya menyudutkan 1 atau 2 spesies yang ada diatas, tapi yang lebih keren sedikit bisa gak bro. Kalau mau kenalan yang keren, nonton film Fast Furious Tokyo Drift. KEREN BANGET BRO! Kalau mau yang simple, kenalannya ya inisiatif sendiri, semacam lagi di kantin kampus gitu. Mungkin banyak yang bilang, kalau Mahasiswa itu banyak yang SKSD. Gue jawab, IYA. Ketika lu udah selesai di tahap SMA, masa remaja dan indra percintaan kita semakin deras ketika sudah kuliah. Ketika menjadi Mahasiswa, SKSD itu WAJIB. Kalau tidak, you’ll forever alone bro.

Perkenalan dengan doi harus direncanakan secara matematis, penuh perhitungan. Sedikit saja salah langkah, lu bakal dicap kampungan atau najis mungkin (?). Lakukan dengan konsep yang sudah kalian buat, persiapkan dengan baik. Intinya sih PD aja gitu sama yang kita lakuin. Kalau emang kita bisa, kenapa nggak? Jangan takut kegagalan dalam cinta, Cinta itu ga akan ada asyik nya kalau adem ayem. Seneng mulu, sedihnya kapan. Berhasil mau, gagal gak, sama aja egois kan.

3.      PENDEKATAN
Udah masuk tahap no.3, bisa dikatakan 2 tahap awal udah bisa sukses kalian jalanin. Masuk tahap ini, kita bakalan menjadi seseorang yang bisa dikatakan gila. Gila karena cinta, belum dapet tapi bisa deket aja udah senyum-senyum sendiri ngeliat hape atau ngeliatin doi. Untuk sekedar informasi, gue mau kasih tau kalau biasanya tahap ini disebut PDKT. Yang sudah pernah PDKT, kalian termasuk PDKT 1 atau PDKT 2? Ga ngerti ya, nih gue jelasin.

Beberapa hari yang lalu, karena gue orangnya suka twitter-an, dan kebetulan lagi bahas tentang PDKT. Dan hari itu juga, gue baru tau kalau PDKT itu ada 2, PDKT asli dan PDKT palsu.
PDKT Asli = PenDeKaTan.
PDKT Palsu = Pertamanya Deket Kemudian Temenan.

Nah, jadi kalau yang asli udah pada tau kan ya. Asli sama palsu ga ada bedanya sih, cuman dari penjabaran kata lebih ngenes yang palsu. Disini gue pribadi juga mau kasih sedikit tips-tips PDKT, check it:
Ø  PDKT bisa dilakukan dengan cepat ataupun lambat. Sebenernya ga ada bedanya, cepat & tepat atau lambat tapi pasti. Yang pasti, ketika udah PDKT, sering-sering kasih perhatian kepada doi sob, karena berawal dari perhatian lah perasaan suka bisa muncul.

Ø  Apabila doi yang kalian lagi PDKT-in udah punya cowok, cobalah tetap dekat dengan dia tapi menjaga jarak. Maksudnya, jadilah teman curhat atau teman yang siap sedia disamping kesedihannya, kegembiraannya dll. Ingat ya, yang kedua ini sebaiknya dihilangkan dulu rasa ingin memilikinya. Tapi semua terserah kalian sih, yang jelas jangan adu fisik cuman gara-gara pacar bray, kalau gara-gara ISTRI baru noh, hajar!

Ø  Di dalam PDKT, kebanyakan ada muncul panggilan-panggilan akrab atau bisa dibilang sih panggilan mesra gitu. Tapi kalau masih dianggap “Kakak-Adek” atau “Friend Zone” mending lepas ajadeh daripada sakit hati yang berkepanjangan.

Ø  Last di tahap ini, PDKT juga memerlukan bantuan teman atau orang yang deket sama doi. Lu bisa tanya-tanya ke mereka tentang kebiasaan, kesukaan atau sifat doi yang lagi lu incar. Di tips terakhir, apabila doi (yang lu PDKT-in) tau kalau lu deket sama sahabat atau temen doi dan dia cemburu, lampu ijo udah di depan mata bray. Tanggapinnya dewasa, jangan kayak anak kecil. Dicoba deh tips dari gue, kalau berhasil saatnya bilang “SEMPURNA”!!

4.      PACARAN
Indahnya ketika 3 tahap udah dilewati adalah kita menginjak masa ini. Ya, pacaran. Pacaran itu Indah, pacaran itu terkadang aneh, pacaran itu unik. Pacaran itu memang indah, dimana serasa dunia hanya milik berdua (awal-awal pacaran). Pacaran itu terkadang aneh, aneh sekaligus lucu untuk dibicarakan sama sang pujaan hati. Masa-masa dimana baru pertama ketemu, kenalan, pendekatan hingga pacaran pasti mengundang banyak tawa ketika dibahas.

Dalam konteks yang luas, LDR juga ikut masuk kedalam tahap no.4. Long Distance Relationship, dimana ada 2 sejoli yang sedang menjalin kasih tetapi terpisahkan oleh Jarak yang Jauh. LDR jauh lebih susah dibandingkan pacaran pada umumnya karena resiko yang ditimbulkan LDR pun lebih banyak, contohnya aja kayak lu kaga ngabarin doi sehari aja udah dituduh macam-macam, dan masih banyak lagi.

Gue mau kasih sedikit Tips berdasarkan pengalaman gue nih sob, yuk diliat:
Ø     Ketika baru memulai menjalin hubungan pasti masih deras-deras nya ngasih perhatian dan sayang kepada pasangan. Sudah masuk hitungan bulan, mulai ada rasa bosan atau jenuh. Solusinya, terbuka satu sama lain, bukan terbuka pakaiannya tapi pemikirannya. Sama-sama dirundingkan apabila satu sama lain ada yang merasa bersalah. Kalau udah bisa nerapin ini, masuk hitungan tahun, masalah kecil udah ga terlalu jadi masalah yang diselesaikan berlarut-larut bahkan bisa menyebabkan putus.

·     Ketika baru menjalin hubungan namun harus sudah dipisahkan oleh jarak, jangan khawatir sob. Baru hangat-hangat nya hubungan dan langsung harus menempuh LDR, yang harus diperkuat adalah rasa percaya satu sama lain. Biasanya, hubungan LDR banyak mengungkit masa-masa indah saat PDKT. Dan ketika sedang menjalanin hubungan ini, jangan EGOIS. Egois itu musuh besar LDR, seberapa lama hubungan yang sudah kalian bangun bisa berantakan cuman gara-gara satu pihak yang egois.

Ø  Jangan terlalu banyak habiskan waktu berdua, dikasih jadwal untuk kencan. Apalagi kalau sudah punya kesibukan masing-masing, harus pintar-pintar mengatur jadwal bertemu melepas kangen. Terlalu sering ketemu juga ga baik. Kayak gue yang sudah terlalu sering ketemu Ibu Dosen Wali (?)

·    Sering-sering hubungi pasangan, dan ketika lu pada mau ngubungin untuk nanya kabar atau melepas kangen cari waktu yang pas. Saling terbuka dan saling memberitahu waktu sibuk masing-masing. Ambil jalan tengahnya sob, jangan jari tengah ya. Jalan tengahnya yaitu cari dan tentukan waktu komunikasi yang sama-sama free, jadi gak ada perasaan gak enak di kalian yang lagi pacaran.
Ø      Bukan berarti kita gak boleh deket sama temen cowok atau cewek lu pada, deket boleh tapi tau batasan karena kita udah punya pacar kan. Berteman jangan dilarang, kalau doi nakal baru wajib dilarang. Karena jaman sekarang, ga ada yang ga mungkin. Gue berhasil merekam salah satu kata yang paling popular sekarang ini, mau tau? Nih “Teman Sekarang kebanyakan Main Tikung”. So, kalau gak mau kehilangan pacar masing-masing, mari kita jaga pacar kita dengan batasan yang wajar.

·      Rasa kangen dan khawatir selalu muncul, tapi karena Jarak jadi gak bisa menemuinya untuk melepas 2 rasa itu. Jangan khawatir, kalau lu emang serius sama doi, tunjukkan. Tunjukkan kalau cinta lu ga sebatas Omong Kosong. Biasanya, si Cowok yang rela nemuin ceweknya. Kalau sudah begini pasti dia bener-bener bakalan tambah sayang sama lu. Cinta itu ga bisa dipaksa, tulus dan kalau emang serius, tindakan nekat sekalipun tetap diambil.
Ø  Pacaran Pada Umumnya
·         Long Distance Relationship

5.      PUTUS
Last, Putus. Apa yang gue lakuin setelah gue tau kalau gue dengan doi udah status “lo gue end”. Yang ada kita santai, analisa kejadiannya. Gara-gara apa kita bisa putus. Kebanyakan dari kita ya kalangan para cowok ketika kita sama doi udah putus langsung mengambil tindakan yang aneh-aneh. Misalnya aja langsung mabuk-mabukan atau cari masalah sama orang lain. Masih jaman kekerasan? HAHA. Kalau lu merasa ganteng, slow aja men. Hilang satu tumbuh seribu. Seseorang lagi galau wajar, karena itu manusiawi. Tapi, galau nya jangan dibuat-buat. Habis diputusin cewek lu, langsung cabut ke pub mabuk biar diperhatiin doi. SALAH BESAR! Setau gue, cewek malah gak suka cowok yang begitu. Pemikirannya terlalu pendek. Ayolah sob, berpikir dewasa. Jodoh gak akan kemana selama lu masih mau berdoa dan berusaha. Kalau doi emang masih nyimpen perasaan ke lu, tinggal tunggu sob. Gue juga yakin sama yang barusan, bahkan untuk masalah percintaan gue juga yakin sama kata-kata ini “Semua akan indah pada waktunya.”

5 Tahap dalam Siklus Cinta diatas udah gue jelasin biarpun ga seluruhnya. Kalau gue ceritakan semuanya bisa sampai berapa page ini tulisan. Gue mau cerita sedikit tentang Seminar di Kampus gue kemarin. Jadi, kelas gue, Manajemen 3C diwajibkan untuk mengikuti Kuliah Umum yang dibawakan oleh Om Ruhut Sitompul dan Bapak Pramono Edhie Wibowo. Sebenernya materi kuliah umum tentang Kepemimpinan Negara dan berbau politik, namun inilah manusia, Cinta selalu ada dalam setiap orang karena Cinta itu manusiawi. Dan tau apa yang mereka katakan pada akhir Kuliah Umum? Ada 2 yang mereka katakan, yang buka pikiran gue lebih lebar lagi.

1.      Dalam masalah suka dengan seseorang, tau gak kalau ternyata lebih enak suka sama pacar orang? Kenapa? Karena saingannya cuman 1, yaitu pacarnya. Kalau cewek/cowok biasa yang cantik/cakep saingannya bakal banyak, peluangnya jadi kecil. (Bukan untuk menimbulkan kontroversi atau ajakan yang buruk, cuman sedikit membuka logika kita, haha.)
2.      Pasangan kita tidak apa-apa meninggalkan kita seenaknya. Kita cukup sabar, terus berusaha dan membuktikan dengan beberapa prestasi. Ketika sudah mapan, kita bisa memilih cewek secantik apapun yang kita mau.

“Intinya, jangan takut berusaha. Jangan takut gagal dalam Cinta karena semua orang juga butuh Cinta, baik Cinta sebagai keluarga, teman atau pasangan.”

HERLAMBANG ADHYTIA

0 komentar:

Post a Comment

Total Visitors

Followers