Friday, April 11, 2014

Fenomena Di Twitter



Seiring berkembangnya zaman, dari traditional ke modern, dari Friendster ke Twitter. Banyak perubahan yang terjadi di social media seiring waktu berjalanan. Dari Friendster, mirc (chatting), Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Path dll yang berhubungan dengan social media, yang paling senang gue mainin yaitu “Twitter.” Kenapa? Yes, twitter itu simple. Meskipun Facebook gue rasa lebih lengkap dengan berbagai fitur media bahkan games nya, justru itu yang bikin gue lebih memilih twitter. Simple, ga rame tampilannya, ga ada gamesnya? No problem. Selera masing-masing orang berbeda. Tapi, dibalik ke simple-an Twitter, ada beberapa Fenomena yang mungkin bisa dibilang lucu bahkan aneh. Mau tau? Mari…
 
1.       Fenomena “Follback ya”

Di dalam twitter, terdapat tombol atau fitur “Follow” yang dalam bahasa Indonesia adalah Mengikuti. Jika kita mem-follow akun orang lain, kita bisa melihat isi profil bahkan tweet-tweet mereka. Beda lagi jika akun yang kita follow dalam status “Protected” yang dimana kalau kita follow akun tersebut masih harus menerima persetujuan dari si pemilik. Tentunya, kalau kita sudah follow akun orang lain, entah itu keluarga, temen, pacar, mantan/mantan pembantu pasti ada yang janggal jika orang tersebut ga follow back (Mengikuti balik) bukan? Bener, fenomena ini sering muncul. Gue ga masalahin kalau caranya bener. Maksudnya, dia meminta kepada yang bersangkutan dengan penulisan yang baik, bukan “FolbEcK eApZzz, l4m kEn4L.” Selanjutnya kalau dapat yang beginian, “Report as Spam” HAHAHA.

2.       Spam Mention/Spam Tweet

Masih pada gatau apa itu Spam? Spam itu sejenis menyampah/mengotori dengan melakukan Mention atau Tweet berulang-ulang. Parahnya, kalau kita dan akun yang melakukan spam itu saling follow. Timeline isinya hampir semua tweet/mention orang tersebut. But, ga perlu khawatir. Jujur gue pernah spam, tapi dalam keadaan tertentu. Misalnya aja kalau tim kesayangan gue lagi tanding, hehe. Gue pribadi, orangnya ga ambil pusing. Kalau misal akun tersebut spam dalam status wajar, gue diemin. Kalau spam tiap hari dan hal yang di “spam” ga jelas, bisa gue unfollow. Twitter itu simple, jangan dibikin repot. Apalagi kalau dari masalah ini bisa sampai saling nyindir. Hmm…

3.       Tweet WAR

Bukan di dunia nyata aja loh orang-orang bisa War (perang). Di twitter, bisa juga terjadi Tweet WAR. Dimana, orang yang bercumbutikai (mempunyai masalah pribadi) dibawa sampai ke Media Social. Biasanya, fenomena ini digolongkan menjadi 2:

1)      Yang lagi Tweet War, awalnya saling Follow.
Kalau yang lagi Tweet War mereka dalam status saling follow, ini seru. Apalagi, kalau kita juga udah follow mereka berdua yang lagi tweet war. Kita bisa jadi saksi bisu tweet war mereka. Biasanya juga, saling nyindir tentang kejelekan masing-masing. Gimana? Keren gak? Hahaha.
2)      Yang lagi Tweet War, tidak saling Follow.
Nah, kalau yang ini beda lagi. Biasanya terjadi jika kedua yang bersangkutan udah jadi musuh dalam waktu yang lama, bahasa kerennya ya “Rival Abadi.” Entah itu memperbutkan pasangan, saling iri pada kehidupan masing-masing atau entah apalah itu. Tingkat keganasan tweet war no.2 ini lebih mengerikan daripada yang pertama. Mungkin, kalau di kalkulasikan dalam jumlah %, mendapat suara sekitar 90% (kayak pemilu aja ya.)

4.       Reply, Re-tweet, Favorite.

Reply = Balas, Re-tweet = mengulang tweet, Favorite = memfavoritkan tweet. Sebenernya, ini yang membuat twitter itu menjadi media social yang simple dan mudah dimainkan. Tombol/Fitur Reply berguna jika kita melihat tweet unik dari akun orang lain, dan kita mau memberikan pendapat, mendingan pakai “Reply” daripada harus “Quote-tweet”. Tombol Re-tweet, biasanya dipakai jika kita menyutujui tweet seseorang tanpa harus susah payah copy paste. Sedangkan tombol Favorite, digunakan jika kita menyukai tweet yang berisi kata-kata mutiara, gambar yang kita suka, video yang kita suka, atau berupa link sesuatu yang sedang kita cari. Sayangnya, kebanyakan salah menggunakannya. Yang harusnya balas pake Reply, pake Quote Tweet, dll. Tapi, kembali ke awal, semua tergantung pribadi masing-masing, karena semuanya punya hak untuk melakukan apa yang dia suka.

5.       Auto Re-tweet yang menyebabkan Spam Tweet pada akun pribadi.

Last dari posting gue tentang twitter ini, Auto Re-tweet. Dimana akun kita dapat re-tweet otomatis tweet-tweet yang menurut gue ga penting sama sekali. Sebenernya Auto Re-tweet ini dikarenakan banyak jumlah aplikasi yang tersinkron ke Twitter. Banyaknya aplikasi yang ga tau asalnya darimana, meminta persetujuan untuk bisa menyambung ke twitter. Kebanyakan sekarang, fenomena ini me-retweet tweet-tweet yang berhubungan dengan Jasa Followers bahkan bokep dengan mengatasnamakan hal itu dalam tweetnya. Pas dibuka, berisi crash link (link penghancur) yang bisa buat twitter kita sejenis kena virus atau error. Kita bisa antisipasi sebenernya, dengan Revoke Access Apps yang menurut kalian ga jelas. Dicoba deh, kan sayang akun Twitter kita banyak dosa cuman gara-gara bokep. Hahahaha.

Mungkin masih banyak Fenomena yang belum gue sebutin. Tapi, fenomena diatas udah pernah gue alamin makanya gue jadiin postingan blog. Siapa tau, ada yang pernah atau dalam status “sedang” menjalani hal yang sama kaya diatas. Semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya. Yang Simple jangan dibikin ribet. Salam Ganteng!

4 comments:

  1. Nah, auto followers juga sering di twitter

    ReplyDelete
  2. Auto retweet banyak banget nih, yang spam juga hehe.
    Oya, fOlB3kz e4pZ. Duh, jari kram

    ReplyDelete
  3. yang paling menyedihkan menurut gue kesalahpahaman menggunakan fitur RT. ini membuat twitter jadi gak asik, TL jadi penuh gak karuan.
    tapi gue gak ambil pusing, kalau ada yang RT gak penting terus menerus ya terpaksa gue unfollow aja..

    oh ya, kalau boleh gue minta tolong nih, kunjungi blog gue :
    http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-2014.html

    sesama blogger harus saling bantu kan ?
    nah sekarang gue minta bantuan doa dan jangan lupa ketik "aamiin" di kolom komentar, makasih. ~ @nafarinm

    ReplyDelete
  4. Fahmi Deri: Nah, iya. Auto followers emang gaenak. Hahaha.

    Andrea Yovie Ayudya: Hahahaha. Pegel kagak?

    Nafarin Muhammad: Bener. Kita mah ga ambil pusing. Cukup unfoll, beres. Oke oke sip.

    ReplyDelete

Total Visitors

Followers