Sunday, April 06, 2014

TIPS & TRIK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Url Picture : http://ts1.mm.bing.net/th?id=HN.607986684233909128&pid=15.1
Selamat pagi/siang/sore/malam semuanya. Halo adek-adek SD, SMP, SMA/SMK semuanya. Kali ini, gue akan kasih Tips & Trik, tapi bukan masalah cinta melainkan masalah Pendidikan *ciegitu*. Berhubung sebentar lagi adek-adek kita tercinta (?) yang gue sebutin diatas pada mau menghadapi Ujian Nasional, gue mau kasih sedikit info (bisa dibilang pengalaman), yuk mari…


1.    Harus Fit (Sehat)
Yang pertama, mau terima atau nggak, Kesehatan emang paling utama dalam hal apapun. Apalagi, Ujian Nasional yang dalam kadar partisipasinya, hanya bisa dilakukan 1 kali. Jeleknya, kalau saat Ujian Nasional kondisi tubuh kita ga fit (Sakit), kita bakalan melakukan Ujian Susulan sendiri, kadang kalau beruntung, ada beberapa yang nemenin karena masalah yang sama.

2.    Kombinasi Belajar S2 (Serius Santai)
Belajar belajar dan belajar, itulah yang ada di pikiran gue waktu ngerasain SD, SMP, SMA. Bosan? Pasti ada, tapi mau bagaimana lagi, tuntutan pendidikan harus dipenuhi. Belajar serius santai memang diperlukan, kenapa? Belajar dengan bener-bener serius itu bisa mempercepat tingkat pusing di kepala muncul. Menurut pengalaman pribadi, gue pernah belajar bener-bener serius, alhasil ga sampai satu jam kepala gue udah pusing. So, belajar serius santai dengan versi kalian masing-masing. Kolaborasi, belajar dipadu sesuatu yang bisa bikin kalian fresh lagi. Yakin bisa.

3.    Abaikan Rumor-Rumor yang Kenyataannya Ga Seperti Aslinya
Untuk no.3 sendiri, gue pernah ngalamin banyak rumor menjelang Ujian SMA 2 tahun yang lalu. Rumornya menyeramkan banget, misalnya aja di setiap ruangan Ujian ada beberapa Polisi yang jagain, kita emang bukan penjahat, tapi balik lagi ke logika yang bermain. Persis apa kata BCL di salah satu lagunya, mereka semua “PERNAH MUDA”, You Know What I Mean? Yes. Pasti ada kelonggaran, so jangan panik dulu. Percayalah.

4.    Pintar Membagi Waktu
Waktu memang harus diatur atau dibagi. Menjelang beberapa bulan atau minggu menuju ujian, gue masih yakin sampai sekarang masih banyak anak-anak sekolah yang ikut jam tambahan dengan ikut les privat atau ikut berpartisipasi di Lembaga Pendidikan Non Formal. Biar gue kasih tambahan sedikit, apabila kalian ikut privat/Lembaga Pendidikan Non Formal, malamnya ketika sampai di rumah, ulang belajar yang tadi dibahas saat kalian ikut jam tambahan tersebut. Setengah jam lebih aja cukup.

5.   Cara Belajar Yang Efektif
Untuk no.5, gue bisa pastiin ini work 100% (kaya promosi gini ya). Maksudnya, gue udah coba dan bener-bener efektif. Apa itu? Usahakan, belajar itu DIPAHAMI bukan DIHAFAL. Dipahami akan jauh lebih bagus dan efektif daripada dihafal, karena menurut gue entah emang udah hukum alam kali ya, seseorang yang bisa Memahami sesuatu pasti akan mengerti. Begitu juga dengan ujian, pahamilah materinya. Satu alasan lagi kenapa gue kasih saran gini, apabila dihafal dan kita ketemu dengan materi yang kita hafal, seketika blank (pengalaman pribadi). So, believe it or not. Ini bekerja untuk gue.

6.    Berdoa kepada Tuhan YME & Meminta Restu Orang Tua
Usaha boleh keras, doa jangan sampai lupa untuk ngimbanginya. Berdoa pun untuk bisa dilancarkan dalam mengerjakan Ujian Nasional, bakalan lebih tenang apabila kita udah berusaha semaksimal mungkin dan berdoa agar hasilnya seperti yang kita harapkan. Selain itu, orang tua juga pastinya gamau liat anaknya gagal. Mintalah restu kepada orang tua sebelum berangkat untuk Ujian Nasional. Sebenernya, percaya atau ga nih ya, gue yakin semua orang tua pasti akan terus doakan anaknya agar bisa dapat yang terbaik. Untuk itu ga ada salahnya kan minta restu.

7.    Siklus Pengawas
Ga cuman hal-hal ilmiah aja yang punya Siklus, pengawas pun demikian. Segalak-galaknya pengawas, mereka juga punya siklus mengawas Ujian Nasional. Misalkan nih ya, kalian dapat pengawas yang keliatannya garang, maka tunggulah, semua akan indah pada waktunya (?) Ya, semua akan indah jika waktu ujian tersisa 30 menit, biasanya pengawas akan memberikan kelonggaran untuk boleh bekerja sama satu dengan yang lain dengan syarat jangan ribut. Semoga aja, siklus itu masih berlaku sampai sekarang.

8.    Kerjasama dengan Teman
Ga bisa dipungkirin, Ujian Nasional pun pasti ada yang namanya kerjasama antar teman. Susah sama-sama, senang sama-sama, Ujian Nasional pun sama-sama. Bekerja samalah sebaik mungkin, gue agak frontal kali ya? Tapi, ini semua pasti ada waktunya dan pasti akan terjadi kerjasama saat Ujian Nasional.

Gimana? Udah dibaca semua yang diatas? Kalau udah, silahkan diambil sisi positifnya. Kalau mau percaya dengan postingan gue diatas, silahkan. Pengalaman pribadi gue waktu menghadapi Ujian Nasional SMA 2 tahun lalu. Ga tau bakalan bisa sama lagi atau ga situasi dan kondisi nya kaya kalian yang lagi mau Ujian Nasional. Intinya, jangan lupa berdoa dan usaha. Semoga aja diberi kemudahan + hasilnya memuaskan, kalau perlu bisa sampa 100%. Kalian pasti bisa, ko!

2 comments:

Total Visitors

Followers