Saturday, November 29, 2014

Cinta Tapi Beda

Sebenarnya, gue udah lama pengin nulis sesuatu yang berkaitan dengan judul yang diatas. Ya, cinta tapi beda. Beda apanya, Mbang? Beda jenis kelamin, mungkin. Nggak, yang gue maksud diatas adalah berbeda keyakinan. Maksudnya? Berbeda agama, sob. Nggak tau kenapa, hal yang begini membuat gue menggebu-gebu untuk memberikan pandangan gue tentang hal ini. Bukan nafas gue yang memburu kayak di film panas 18+, tapi isi kepala gue berupa pandangan yang berkaitan hal diatas yang udah ngebet minta di posting.

Gue punya temen, atau bisa dibilang udah sahabatan mulai SD. Dan dia pernah punya pengalaman dengan hal yang beginian. Dan kemarin, gue baru sempet kelarin baca buku salah satu Inspirator dalam gue menulis, Alitt Susanto. Ya, di dalam buku Relationshit-nya, ada bab yang berjudul [L]ove in [D]ifferent [R]eligion, atau kalau ada yang belum ngerti, artinya itu Cinta Berbeda Agama (Keyakinan). Dari pengalaman sahabat gue + pengalaman bang Alitt yang dia cantumkan di buku dan pengalaman gue yang juga pernah menjalin hubungan itu selama 10 bulan, gue bisa simpulkan kalau itu merupakan hal yang sangat ribet.

Kenapa ribet? Dekat atau punya gebetan, berbeda keyakinan, jalan bareng, nyaman satu sama lain tetep aja ada yang hal yang membentur di dalam hati. Kalau udah pernah ngerasain pasti tau, kan. Gue juga sempet mikir: "Jalanin aja dulu, belum tentu kita sampai di titik dimana kita dengan dia membangun rumah tangga." Maksudnya gini, setelah sepakat untuk menjalin suatu hubungan, kita jalanin aja dulu, kedepannya biar ngikutin alur. Gue setuju ketika belum pernah ada di situasi tersebut. Dan ketika sudah pernah ngejalaninnya, muncul satu pertanyaan yang ada di kepala gue: "Buat apa menjalin hubungan jika kedepannya kita sudah tahu hasilnya?"

Ya, pertanyaan itu muncul seiring dengan pertanyaan yang ada di buku bang Alitt: "Katanya, jodoh ada di tangan Tuhan. Tapi bagaimana kalau keyakinan kita berbeda?" Dari dua pertanyaan tersebut, sinkron? Ya. Kenapa? Karena gue dan bang Alitt sama-sama pernah mencoba jalanin hubungan beda keyakinan ini dengan mantan masing-masing.

Sudah tahu begitu, kenapa masih aja nekat untuk ngejalanin?

Perasaan nyaman itu faktor utama dalam suatu hubungan. Kalau sudah ngerasa nyaman, bakalan ada rasa sayang muncul. Biasanya, orang yang udah pernah ngerasain ini, ngerasa kalau ada hal unik dari doi yang buat kita tertarik. Gue gak nyalahin kenapa harus berbeda keyakinan. Gue juga gak bisa menyangkal kalau ada beberapa orang bahkan artis yang hubungannya berbeda keyakinan tapi bisa naik ke pelaminan.

Ga ada yang salah dengan suatu hubungan ketika mereka sudah nyaman satu dengan yang lain. Yang salah hanya takut untuk mengungkapkan. Bagi kalian yang pernah ngerasain hal ini, ngerasa gak kita bisa belajar satu hal yang sangat-sangat bagus. Ya, berbeda keyakinan mengajarkan kita untuk toleransi satu sama lain. Menghargai perbedaan yang walaupun akhirnya pada suatu hubungan, mungkin bisa kita tebak hasilnya.

Gue cuman memberi pandangan, bukan men-judge, atau membuat hal-hal negatif muncul dan jadi sugesti di kepala kalian. Sedikit sharing tentang hal ini, siapa tau aja ada yang udah pernah atau mungkin lagi ngejalanin hal ini. Silahkan coret-coret comment box dibawah sob kalau mau memberi pandangannya. Salam keren!

9 comments:

  1. Makasih infonya mas :))

    www.fkrimaulana.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. tapi, yang namanya perasaan suka gak kenal yang namanya logika :)

    ReplyDelete
  3. rasa kenyamanan dan cinta bisa merusak logika dan akal sehat hahaha

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. heheh udah nggak sih.. Waktu itu nyaris 'jadi' aja, tapi yaaa kenangannya udah banyak

      Delete

Total Visitors

Followers