Saturday, May 24, 2014

Cinta Monyet

Cinta Monyet

Halohaaaaaaaaaaa. Akhirnya ada kesempatan juga buat nulis yang ginian. Yes, Cinta Monyet. Pernah denger? Pasti. Pernah ngerasain? Maybe. Pernah Cinta sama Monyet? Jawab sendiri aja deh. Gue mau coba buat kita semua Flashback ke masa-masa Cinta Monyet tersebut. Bagi yang pernah, silahkan menikmati. Bagi yang belum, kasian deh lu.

Bicarain yang satu ini, gue juga bingung kenapa harus disebut begitu (Cinta Monyet). Mungkin, di kalangan para monyet, cinta nya cuman sekedar pelampiasan perasaan, lebih tepatnya, masih belum mengerti apa arti cinta sesungguhnya. *ciye* Cinta ini emang ga sebesar Cinta nya bang Raditya Dika, Cinta Brontosaurus. Tapi, Cinta ini menurut gue masa-masa dimana kebanyakan salting daripada seriusnya. Namanya juga masih main paret bukan main gadget, ya gitu.

Dulu, gue pernah ngalamin hal ini waktu kelas 4 SD. Entah dibilang Cinta Monyet atau Cinta Curut gara-gara dulu gue kecil banget, ya setidaknya dulu gue pernah ngerasain nge-fly, nge-fly karena seseorang. Seseorang tersebut, dulu, menurut gue adalah sosok cewek idaman di SD gue. Dia pinter, baik, senyumnya manis, rambutnya panjang dan lurus, yang lebih penting dia bukan laki-laki. (?) Dulu gue terjebak, terjebak di dalam perasaan suka kepada doi yang dimana orang-orang nyebutnya dengan judul postingan ini. Ga perlu dipermasalahkan lagi kenapa namanya begini, jawabannya satu: Cinta Masa Anak-Anak.

Pada zaman gue SD dulu, ga tau kalau masih lanjut ke zaman sekarang, ada kriteria khusus di dalam yang namanya Cinta Monyet. Tau ga kriteria apaan? Ya, cinta ini identik dan khas dengan kata "CIYE CIYE". I don't know, but I can feel it. Tiba dimana dulu waktu jam pelajaran olahraga, anak-anak dibagi dalam kelompok kecil, dan gue, satu kelompok sama doi. Absurdnya lagi, temen-temen gue pada narik gue ama doi jadi dempetan. Dan tau kelanjutannya? Satu kelas di jam olahraga itu semuanya bersorak... "CIYE CIYE".

Di kelas, di lapangan upacara, di aula, di toilet kantin, all of place on the school yes. Namanya juga dulu masih bocah, masih ga ngerti apa-apa. Ya, dulu konsepnya cuman 1: "Rajin belajar & Rajin mainan". Masalah cinta? NO. But, itu waktu zaman gue ya. Kalau anak-anak sekarang, ya gini: "Belajar? Gadget-an dulu, masalah cinta no.2". Gue bisa bilang, dimasa-masa hadirnya Cinta Monyet waktu gue SD dulu lebih nyaman ketimbang sekarang. Ga punya handphone, diberi sangu paling banyak 5rb, jadi meskipun dulu punya seseorang yang disuka, ga perlu ngabiskan uang untuk neraktir doi. Pulang bareng jalan kaki aja, romantis abis.

Kebayang kalau di zaman anak SD sekarang masih ada Cinta Monyet? Mungkin udah pada kenal yang namanya Dinner. Mungkin udah pada komunikasi via BBM, Line, Whatsapp, WeChat, dll. Dan kemungkinan terburuknya, yaitu: Mereka photo selfie berdua lalu di post ke social media seperti Instagram, path atau yang lain dengan description "Selfie With Kesayangan".

Balik ke topik utama, gue bersyukur gue cepat mengenal dan merasakan gimana itu rasa suka kepada seseorang. Tentunya, gue sangat terimakasih kepada doi. Ya, sampai sekarang komunikasi kami dalam status baik-baik saja. Bukan berharap bisa jalanin hubungan kembali sama dia, tetapi ikatan silaturahmi kan ga boleh putus. Bener gak? Bener dong. FYI, gue dulu ketua kelas mulai kelas 1 SD sampai lulus SD. Dan gue, bukan bermaksud nyombongkan diri, dulu gue SD termasuk siswa yang rajin belajar dan mendapat peringkat di kelas, dan doi juga demikian. Mungkin memang keadaan yang memaksa kami untuk menaruh rasa suka terhadap masing-masing diri. No one know.....

Waktu itu, doi pernah kerumah gue gara-gara gue ga masuk sekolah. Dan doi, kenal deket sama nyokap. Dan nyokap tau kalau kami makin suka. Alhasil, waktu dijenguk dan doi bawain buah-buahan, gue sukses salting abis hingga cuman bisa baring-baringan di sofa. Salting, hal yang memang selalu ada dikala rasa suka hadir kepada seseorang. Salting itu bikin risih, tapi juga bikin ketagihan. Sampai dia pulang, gue masih rebahan di sofa. Semua yang mau gue ucapkan, termasuk terimakasih sudah jenguk, telah diwakilkan sama nyokap. Nyokap emang tau kalau gue salting, hebatnya, dulu dia setuju gue sama doi. Sampai sekarang, nyokap masih suka nanya kabar doi.

Di masa ini, gue juga ngelewatin masa-masa absurd. Di hari ultah gue, ntah itu ultah yang ke berapa gue lupa, dia nyuruh gue ke taman yang ada di SD kami. Disitu, dia sama satu temennya yang kebetulan kami bertiga sekelas, memberi gue kado. Saat itu, gue kesemsem. Ntah karena salting, malu, senang atau bingung mau ngomong apa. Gue terima kado dari doi, dan kami senyum-senyum sendiri. Sampai dirumah, gue baru buka kado itu. Tahukah kalian apa yang doi kasih ke gue? Dua kotak susu coklat dan sepasang kaos kaki. Entah itu maksudnya apa, atau mungkin dulu gara-gara gue bener-bener kecil dan ga pernah dibeliin kaos kaki ama nyokap, gue tetep senang. Kalau ternyata, dia peduli sama gue. Dia peduli agar gue bisa berkembang lagi. Bukan berkembang biak, berkembang dalam hal pertumbuhan.

Kalau dipikir sekarang, masa-masa itu absurd sekaligus menyenangkan. Kalau ternyata, rasa suka yang awalnya biasa, bisa berubah kearah pengertian/perhatian. Sebenernya, cinta monyet itu menurut gue ya 90% rasa suka, 10% nya lagi gatau rasa apaan. Kesimpulannya, kisah masa lalu ada untuk dikenang. Untuk dijadikan bahan nostalgia. Siapa tau, kalian dulu punya Cinta Monyet dan ternyata setelah baca ini kalian bisa Flashback dan menarik kesimpulan, kalau:  

"Ternyata Cinta Monyet gue dulu, menyenangkan. Apa kabarnya ya, dia sekarang?"

10 comments:

  1. Jadi serasa kembali sd.

    oh ya, main2 sob ke www.iqbalfauzan.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, sob. Jangan sampe bosen mampir kesini ya.

      Delete
  2. wkwkw cinta monyet gue siapa ya?? lupa deng gue! wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Kalau cinta masa SMP masuk ke cinta monyet ngga ya? Hehehe..
    Maklum saya baru mengenal cinta saat SMP, terlebih lagi pas kelas 3, ckckck..

    ikutan ah, mampir ke diannugraha.com ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 SMP ya? Berarti Cinta Kakaknya Monyet. :))

      Siap. Jangan bosen-bosen mampir ya.

      Delete
  4. Gue ngerti gimana rasanya jadi lo, gue jg pernah punya temen dulu. dan gue pikir keadaanlah yg membuat mereka pacaran. keadaan itu adalah, saat mereka selalu di katain dan di sorakin temen2 kalo mereka pacaran. akhirnya mereka pcaran beneran..

    btw, follback blog gue ya ==>
    nafarinm.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Ciyeee cimon ciyee. Gue cimon kls 4 sd bahahahaha-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah di ciyein, situ juga ngalamin waktu kelas 4 SD kan, hahahaa. :))

      Delete

Total Visitors

Followers