Monday, May 05, 2014

Solusi Twitter Auto Retweet


Solusi Mengatasi Auto Retweet Twitter

Twitter, social media yang sekarang sangat banyak penggunanya. Diantara Social Media yang lain, Twitter memang merupakan salah satu yang paling simple penggunaannya. Disamping penggunaannya yang simple, Twitter masih punya kekurangan. Pernah dengar Auto Retweet? Auto Retweet adalah salah satu masalah yang ada di Twitter. Jika dipilah dari masing-masing kata, Auto diterjemahkan sebagai otomatis. Dan Retweet, diterjemahkan sebagai mengulang tweet akun twitter user lain. Berarti, Auto Retweet itu bisa diartikan akun Twitter kita akan secara otomatis me-Retweet.

Auto Retweet ini cukup meresahkan, karena akun kita akan secara otomatis me-Retweet sebuah/beberapa tweet yang ga ada hubungannya sama sekali dengan apa yang kita pikirkan. Contohnya, Retweet tentang lowongan pekerjaan, penawaran produk/jasa, bahkan skandal seks ini itu dan sebagainya. Disini ada Twitter temen gue yang pernah merasakan Auto Retweet. Nih:

Contoh Twitter Yang Menggunakan Auto Retweet

Pastinya resah bukan, me-Retweet secara terus-menerus tweet yang sama sekali bukan keinginan kita sendiri. Apalagi, kalau Twitter kita udah banyak followers nya. Secara otomatis, hasil Auto Retweet akan muncul di timeline Twitter orang-orang yang telah follow kita. Efeknya? Banyak followers/teman resah, dan akan Unfollow Twitter kita. Disini gue mau kasih tips supaya terhindar dari Auto Retweet tersebut. FYI, ini pengalaman pribadi, dan sampai sekarang, Twitter gue masih aman. Alhamdulillah..

Biasanya, Auto Retweet ini muncul dari Aplikasi pihak ketiga yang meminta untuk login menggunakan akun Twitter kita. Pihak ketiga ini, bisa diibaratkan kita ingin berlangganan berita dari situs atau website penyedia layanan berita online berlangganan. Dan web tersebut mengharuskan untuk memakai akun Twitter untuk login dengan ID kita. Jadinya, akun Twitter kita berhubungan langsung dengan web tersebut. Masih bingung? Nih gue kasih gambarannya:

Contoh Izin Aplikasi Pihak ke-3
Ini kemarin waktu ikut lomba blog salah satu Provider, dan situs mereka meminta untuk melakukan login dengan Twitter.
Gambar diatas merupakan salah satu Provider yang meminta kita untuk melakukan izin Aplikasi ketiga agar bisa terhubung dengan Twitter kita. Pernah ngalamin kejadian diatas? Kalau pernah, apakah setelah melakukan hal yang sama seperti gambar diatas Twitter kita jadi Auto Retweet? Kalau iya, solusinya nih buat kalian. Yuk, mari.

1. Login ke Twitter, terus klik panel menu berbentuk Gear di daerah kanan atas. Setelah itu, pilih Settings seperti gambar dibawah:


2. Klik menu Apps.


3. Akan terlihat List Applications, dimana terdapat daftar Aplikasi pihak ke-3 yang dapat mengakses akun Twitter kita. Lihat gambar dibawah:

List Apps yang terhubung langsung dengan Twitter gue.
4. Terakhir, di list Applications tersebut ada panel bertuliskan Revoke Access. Revoke Access berfungsi untuk mencabut akses Aplikasi yang berhubungan langsung dengan Twitter kita. Dan gambar diatas, setiap Aplikasi yang dapat dipercaya biasanya menampilkan Permissions dibawah deskripsi Aplikasi tersebut. Dan untuk kalian yang sudah lama bermain Internet, pastinya tau mana Aplikasi yang bener-bener bisa dipercaya, mana yang nggak. Silahkan Revoke Access Aplikasi yang menurut kalian tidak dapat dipercaya [bila ada]. Selama masih aman, mau di Revoke Access atau gak, silahkan.

Itu pengalaman gue yang udah lumayan lama bermain Twitter. Dan diatas, menurut pengalaman loh ya. Jadi, mau diikuti apa gak, silahkan saja. Lebih baik berjaga-jaga duluan daripada hancur belakangan. Semoga bermanfaat ya, sob!

5 comments:

  1. waww, tnx broh solusinya!!, twitter gw jadi bener lagi dagh :D

    ReplyDelete
  2. nice info gan, jadi mengerti sekarang~

    ReplyDelete
  3. Ngeselin banget emang kalo kena autoretweet, biasanya ada yang ngasih DM nggak jelas dan karna kurangnya pengetahuan kita, di klik deh linknya. :3
    Biasanya gitu tuh :3

    ReplyDelete

Total Visitors

Followers