Tuesday, May 20, 2014

Ketika Kehabisan Ide Menulis

Inilah agar ide menulis lahir kembali

Penulis? Blogger? Atau cuman iseng nulis apaan gitu? Ya, pastinya semuanya butuh yang namanya Ide. Ide untuk menulis sesuatu. Ide untuk menulis apapun itu, kehidupan pribadi, informasi, atau tanggal nikahan mantan dll. Ide memang sangat penting untuk menulis. Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana kalau kita kehabisan Ide untuk menulis? Gue mau kasih sedikit yang gue lakuin ketika ide untuk menulis di kepala gue habis. Gue emang belum ada nerbitin buku, tapi gue Blogger. Dan sekarang, mau jadi Blogger yang disiplin posting. Yuk, check nih, guys:

1. Jangan Terlalu Dipaksakan

Jangan terlalu memaksakan kepala kita berpikir lebih keras untuk membuat sebuah tulisan. Nulis itu, enjoy aja. Apalagi kalau kalian ingin update blog tiap hari, pastinya akan memerlukan waktu yang padat untuk menemukan ide menulis setiap hari. Jangan terlalu memaksakan untuk nulis/update di blog. Kalau bisa, buat komitmen berupa schedule postingan blog kalian. Misalnya, 3 hari sekali update atau seminggu sekali update. Biarkan otak kita refreshing tanpa harus buru-buru dikejar deadline yang minta di update setiap hari.

2. Waktunya Blogwalking

Blogwalking. Yes, ini cara ampuh banget untuk nemuin ide yang udah buntu mau nulis apaan. Blogwalking itu sama dengan jalan-jalan ke Mall kalau di dunia nyata, di dunia maya kita jalan-jalan ke blog orang untuk sekedar mampir dan membaca isi postingan orang tersebut. Keren gak? Bermacam-macam genre tulisan dari beberapa blog yang kita Blogwalking, pasti ada yang nyangkut di kepala kita. But, ingat, Blogwalking sekedar refreshing, bukan buat dijadikan bahan postingan dengan status Copy Paste. Jijik banget kan? Hiuuuh.

3. Gaulkan diri ke Cafe

Menggaulkan diri kita ke Cafe. Enak banget loh, sob. Apalagi, kita ke Cafe yang ada Live Music dan membawa laptop untuk mencari ide nulis. Live Acoustic dari Cafe itu bisa jadi refreshing otak yang enak juga. Santai, enjoy, tenang. Ga kerasa, ada ide yang nyangkut di kepala. Terimakasih kepada pemilik Cafe yang telah memberikan gue inspirasi nulis posting terbaru di Blog, hehehe.

4. Nge-gaul di Kampus

Sadar ga sih, kalau di sekeliling kita itu bisa dijadikan ide untuk menulis sesuatu. Salah satunya di Kampus. Nge-gaul di kampus, sambil bawa laptop dan kongkow bareng temen bahkan dosen, seru bener. Banyak yang bisa dijadiin bahan tulisan sob. Misalnya aja, lu mau nulis tentang Dosen and The Boys kalau dosennya laki-laki, Dosen and The Girls kalau dosennya perempuan. Kalau mau yang lebih absurd, mungkin aja judul postingannya ntar Teman Pecinta Toilet Kampus.

5. Mengamati Social Media

Untuk yang ke-5 ini, dianjurkan untuk kalian yang punya Social Media. Eh, tapi sekarang udah serba modern sih ya, jadi gue yakin kalau hampir semuanya punya Social Media. Nah, jika habis ide, cobalah bermain di Social Media. Recommended buat yang punya Facebook, mungkin aja kalian bisa buka chat masa lalu yang masih zaman alay. Atau, cari nama-nama Facebook yang alay. Secara tidak sadar, itu akan bantu otak kita refreshing karena tertawa dan flashback masa-masa hina dulu. Nah, bisa jadi tulisan baru di blog kan?

6. Dinner Bareng Pacar

Jreng, yang ini, mungkin ampuh bahkan bisa dibilang sangat ampuh. Coba deh, nyempetin waktu buat pasangan, ajak dia pergi dinner. Biasanya, menghabiskan waktu itu sangat indah jika sama pacar, apalagi dinner. Tentunya, momen indah itu bagi kebanyakan para Blogger, akan ditulis dan dijadikan New Post. Setuju? Gue setuju. Momen begitu aja di post, norak lu. Hidup gue bukan hidup lo. Gue pribadi, ga peduli sama comment-comment kaya gitu. Kebanyakan, hal-hal indah, absurd dll gue posting di blog ko. Tujuannya juga supaya enak disimpan dan bisa dibaca kapan aja, kan? Ide menulis itu untuk diabadikan jadi sebuah postingan, bukan untuk dibiarkan mampir sebentar lalu pergi.

7. Keluarga Juga Sumber Ide

Cobalah ingat hal-hal unik yang terjadi di keluarga lu. Buat dijadikan ide posting, juga lumayan ampuh loh. Misalnya aja lu tinggal di sebuah keluarga yang pastinya bagi setiap orang di keluarga masing-masing, merasa nyaman. Coba deh, sob. Posting tentang keluarga, mungkin aja bisa dapat banyak posting yang bisa bikin orang lain ketawa baca tulisan lu. Tertawa bukan karena kejelekan keluarga, tertawa karena keluarga kita yang unik dan kita perkenalkan kepada orang banyak. Gue emang belum coba yang ini, tapi ntar gue bakalan coba. Mungkin aja ntar postingannya jadi, Keluarga Pembenci Susu Kaleng.

Intinya, jangan terlalu dipaksakan menulis. Enjoy aja, bisa kan kita mencicil tulisan untuk di posting. Dengan begitu, otak kita ga mudah penat untuk nyari ide yang harus ditulis hari itu juga. Banyak yang bisa dijadikan bahan postingan di sekitar kita, asalkan kita peka dan mau dijadiin ide untuk ditulis. Itu aja deh, sob. Semoga bermanfaat, Salam Keren!

23 comments:

  1. Dinner bareng pacar? Aku ga punya pacaaaaar.
    Aku sih biasanya kalo lagi stuck suka blogwalking. Blogwalking buat nyari apa yang bakal ditulis selanjutnya.
    Ke cafe juga suka. Di cafe biasanya banyak kejadian buat ditulis. Bukan cuman cafe deh, semua tempat pasti ada kejadian buat ditulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama nih kayak yang atas. :))
      Kalo stak paling pergi jalan-jalan.. karena gak punya pacar. Huhuhu.

      Delete
    2. Cari gih, sob. Hehehe.

      Iya sih, tapi Cafe lebih gimana gitu.

      Delete
  2. Blogwalking tuh paling berguna, dari situ kita bisa memperbaiki tulisan kita dari blogger2 laenny..

    pergi ke cafe seru juga, tp kalau gak punya duit gimana? Hhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga punya uang? Banyak alternatif, sob. Asalkan enjoy dan nyaman, kan bisa. Hehe.

      Delete
  3. Selama seminggu kemaren gua blogwalking. dan setelah seminggu kehabisan ide, baru deh nulis lagi di blog.

    ReplyDelete
  4. paling enak sih liburan kak, ke tempat-tempat wisata gitu di Bali, hehe... ntar pulangnya bisa jadi postingan kan? ditambah foto2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Waktu itu, pernah ke Bali bareng bokap berapa hari gitu. Eh, malahan besoknya ada bom Bali. :))

      Delete
  5. Sekarang ini memang masa-masa dimana gue kehilang ide, dan gue menemukan ini, semoga bisa membantu.
    http://imamabil.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, bro. Sering-sering mampir kesini.

      Delete
  6. Kalau lagi mentok, ya solusinya istirahat plus jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat anda mendapatkan 2 jempol dari saya. Jempol kaki, ya. :))

      Delete
  7. nih aku kasih Cendol mbang... (y)
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, punya akun google + blog atau akun google doang nih, bang?

      Delete
  8. Paling menyenangkan itu blogwalking. Tapi barusan kemarin mulai perhatiin status-status di social media dan rupanya cukup membantu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, sob. Enak banget mah blogwalking. Apalagi, yang di blogwalking postingannya sesuai hati kita *ciye* :))

      Delete
  9. hemmm, betul tuh, kalo gue sih seringnya blogwalking buat nambah inspirasi sekalian nambah temen hahaha. atau baca buku juga boleh, kali aja ada inspirasi buat bikin cerpen atau apa gitu biar sekalian mengasah skill menulis hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener juga tuh. Ambil yg positifnya, negatif dibuang (?) Hahaha.

      Delete
  10. setuju ! blogingwalking emang paling ampuh buat munculin ide buat postingan baru :D

    ReplyDelete
  11. Satu tips dari gue, coba baca cerita2 fiksi di website2 terkenal.. pasti muncul ide baru deh..

    ReplyDelete

Total Visitors

Followers